Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Agustus 2018 / ISO 26000 : Corporate Social Responsibility

ISO 26000 : Corporate Social Responsibility

27 - 28 September 2018, The 101 OJ Hotel, Malang
18 - 20 September 2018, The 1O1 Hotel, Yogyakarta
04 - 06 September 2018, Grand Tjokro Hotel, Bandung
28 - 30 Agustus 2018, Grand Tjokro Hotel, Bandung

DESKRIPSI 

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, yang menekankan perusahaan menjadi ramah lingkungan, perlu melakukan pengelolaan dengan baik terhadap CSR sebagai bagian dari pertanggungjawaban social profitable company kepada stakeholder eksternal sehingga akan berdampak pada peningkatan branding maupun positioning perusahaan. Sebagai salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban terhadap kegiatan CSR, maka dalam pembuatan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) harus lebih komprehensif (tidak hanya sekedar laporan keuangan), sehingga dapat dibuktikan dan akan mendukung strategi perusahaan serta dapat menunjukkan komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) dari area geografis sasaran penjualan/operasional perusahaan.

ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR) berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini. Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial.

Di Indonesia, CSR merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang termasuk pada pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Hal ini menuntut wajib bagi para perusahaan, kelembagaan maupun institusi untuk melaksanakan ISO 26000 dimana semua organisasi tersebut juga dituntut untuk memperhatikan aspek social, dan lingkungan selain daripada aspek keuangannya. Meskipun ISO 26000 belum seluruhnya di terapkan oleh organisasi-organisasi karena CSR dianggap tidak mampu memberikan dampak keuntungan keuangan dalam jangka pendek, dan karena ketidaktahuan dalam mengelolah CSR dengan baik. Maka dari itu perlu dilakukan pemahaman tentang isi dan implementasi ISO 26000 agar pelaksanaan program CSR dapat berjalan dengan baik.

TUJUAN

  • Memahami konsep Training ISO 26000 : CSR Guidance (Sistem Manajemen Corporate Social Responsibility)
  • Memahami konsep, pendekatan, subyek, metoda dan teknik yang diperlukan untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan
  • Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stakeholders yang berbeda-beda
  • Mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000
  • Mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktek ISO 26000
  • Mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000
  • Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000

MATERI

  • Latar Belakang Pengembangan ISO 26000
  • Alasan Pembangunan Program CSR Bagi Perusahaan dan Manfaatnya
  • CSR Berdasarkan Standar Internasional ISO 26000
  • Pembangunan Program CSR ISO 26000 Terintegrasi Dengan PP 74 UU PT
  • Pengenalan dan Ruang Lingkup ISO 26000
  • Definisi, Regulasi, Implementasi dan Pelaporan CSR
  • Evaluasi CSR
  • Isu-isu CSR di Asia : Tata Kelola Perusahaan, Kepatuhan Terhadap Hukum, Penghormatan Terhadap Norma dan HAM, Perubahan Iklim, Sumber Daya Manusia, Isu Lingkungan
  • Pelaporan Kegiatan CSR ke Seluruh Pemangku Kepentingan (Stakeholder)
  • Kiat Sukses Membangun, Mempromosikan dan Mendorong Implementasi CSR Berdasarkan ISO 26000

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : ISO 26000 : Corporate Social Responsibility
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Reliability Centered Maintenance (RCM)

08 - 10 Oktober 2018, The 1O1 Hotel, Yogyakarta24 - 26 September 2018, Neo Malioboro ...