Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Agustus 2018 / Ergonomi

Ergonomi

14 - 16 Agustus 2018, The 1O1 Hotel, Yogyakarta

DESKRIPSI

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktekkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.

Kompetensi ergonomi adalah kemampuan personil kerja untuk mengaplikasikan pengetahuan ergonomi, prinsip dan teknik-teknik dalam mengendalikan risiko K3. Kompetensi ergonomi termasuk studi tentang interaksi antara  manusia, peralatan yang digunakan dan lingkungan kerjanya. Kompetensi ini fokus pada aspek-aspek perancangan dan perencanaan kerja seperti tata ruang, alur kerja, skill, perbedaan individu (anthropometri) dan faktor-faktor lingkungan kerja. Perancangan yang aman adalah mengaplikasikan informasi dan data yang sesuai tentang kemampuan manusia dan perilaku untuk merancang suatu objek, fasilitas, prosedur dan lingkungan yang digunakan manusia/pekerja.

COURSE OUTLINE

1. Peraturan dan Perudangan dan Konsep Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja

  • Menjelaskan UU No.1/1970 dan Peraturan Menteri yang terkait tentang K3 dan membahas terminologi yang berhubungan dengan K3, antara lain: accident, incident, nyaris celaka, keselamatan kerja dan kesehatan kerja, dan membahas model sebab akibat kecelakaan, studi rasio kecelakaan.

2. Ergonomics dan Prinsip-Prinsipnya

  • Membahas pengertian ergonomics, piskologi kerja (kemampuan fisik untuk melakukan pekerjaan, cycle dari kerja & istirahat, dan kelelahan) dan penyakit pada punggung atau Common Trauma Disorder (CTD).

3. Biomechanics

  • Membahas struktur dan fungsi-fungsi dari anggota badan berkaitan dengan dinamika manusia dan mesin. Analisa dalam subjek ini mencakup beban, tenaga, kekuatan manusia, pekerjaan mengangkat, mendorong, menarik, membawa, langkah berulang-ulang serta mereview perkakas kerja tangan (hand tools).

4. Desain Tempat Kerja

  • Membahas prinsip-prinsip tempat kerja, seperti kantor, workshop, stasiun kerja dan lapangan tempat kerja lain yang berkaitan dengan posisi kerja berdiri vs duduk, posisi duduk, dan postur tubuh.

5. Faktor Manusia Berkaitan dengan Perilaku

  • Membahas kemampuan manusia/pekerja berhubungan dengan perangkat display, seperti switches (tombol-tombol), panel-panel (gauges), layar monitor, dan mental manusia dalam keadaan beban berlebihan berhubungan dengan psikologis, seperti stress, dll.

6. Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko

  • Membahas program identifikasi bahaya ergonomics, melalui inspeksi tempat-tempat karyawan bekerja, observasi personil yang sedang bekerja untuk penggunaan tenaga berlebihan, frekuensi gerak kerja dan posisi-posisi badan pekerja. Dalam program risk assessment ini secara formal akan mengaplikasikan Job Safety Analysis.

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Ergonomi
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Efisiensi Pembangkit PLTU

04 - 06 September 2018, Grand Tjokro Hotel, BandungDESCRIPTION  Pembangkit termal adalah suatu sistem pembangkitan ...