Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Human Resources / Pembuatan Kontrak Kerja

Pembuatan Kontrak Kerja

26 - 28 Juni 2018, Neo Malioboro Hotel, Yogyakarta

DESKRIPSI

Sebagian besar permasalahan bisnis di lapangan ternyata disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pelaku usaha akan arti penting sebuah kontrak dan pembuatan kontrak secara benar. Seringkali kontrak yang diajukan langsung ditandatangani tanpa memperhatikan isi dari kontrak tersebut. Bahkan tidak jarang pula, kontrak dibuat asal jadi, atau hasil mengkopi dari sana-sini, tanpa memandang relevansinya dengan kepentingan bisnis yang ingin dijalani. Akibatnya, ketika terjadi permasalahan di kemudian hari, kontrak yang seharusnya bisa menjadi rujukan untuk menyelesaikan sengketa, justru malah menyebabkan timbulnya kerugian-kerugian yang sebenarnya bisa dihindari apabila pelaku bisnis memposisikan kontrak sebagai elemen krusial dalam menjalankan kerjasama bisnis.

Kontrak merupakan dasar yang mengatur hak dan kewajiban para pihak dalam aktivitas bisnis. Ia merupakan jembatan yang menghubungkan hak dan kewajiban dari masing-masing pelaku usaha dengan tujuan untuk membangun kepastian hukum di antara keduanya. Oleh karenanya pemahaman dan kemampuan membuat kontrak menjadi suatu hal yang sangat penting bagi setiap pelaku usaha disetiap aktivitas bisnis yang digelutinya tanpa melihat besar kecilnya ukuran dari aktivitas bisnis tersebut. Pelatihan Pembuatan Kontrak Kerja ini akan memberikan pemahaman mengenai arti pentingnya suatu kontrak kepada para peserta dan juga langkah-langkah pembuatan kontrak secara benar.

 

TUJUAN

  1. Peserta Memahami Dasar-Dasar Pembuatan Kontrak
  2. Peserta Menguasai Keterampilan Melakukan Negosiasi Kontrak
  3. Peserta Mampu Merumuskan dan Merancang Draft Kontrak

 

OUTLINE MATERI

1. Pengertian Dasar, Tahapan, dan Anatomi Kontrak Bisnis

  • Pengertian Dasar Kontrak dan definisi Kontrak Bisnis
  • Tahapan Pembuatan Kontrak Bisnis dan Peran inhouse councel
  • Bagian-bagian utama sebuah kontrak bisnis yang terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup serta contoh dari setiap bagian tersebut

2. Langkah-Langkah Pembuatan dan Penelaahan Kontrak Bisnis serta Negosiasi Kontrak Bisnis

  • Langkah-langkah pembuatan dan penelaahan Kontrak Bisnis (langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan langkah akhir)
  • Hal-hal apa saja yang harus dikuasai dan dilakukan oleh seorang inhouse Lawyer dalam setiap langkah

3. Identifikasi Pokok Pikiran dan Perumusannya Dalam Kalimat Hukum

  • Bagaimana mengidentifikasikan pokok pikiran dan merumuskannya dalam kalimat hukum berupa pasal-pasal
  • Hal-hal apa saja yang harus menjadi perhatian dalam pembuatan kalimat hukum

4. Teknik Negosiasi Kontrak

  • Tahapan-tahapan dalam proses negosiasi
  • Persiapan yang harus dilakukan sebelum perundingan negosiasi
  • Teknik dan strategi dalam perundingan negosiasi
  • Simulasi negosiasi

5. Praktek Pembuatan Kontrak

  • Praktek merumuskan hasil negosiasi ke dalam klausul kontrak
  • Presentasi dan pembahasan

 

METODE PELATIHAN

Presentasi

Diskusi

Praktek

Evaluasi

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Pembuatan Kontrak Kerja
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Training Needs Analysis (TNA)

23 - 25 Oktober 2018, The 1O1 Hotel, Yogyakarta05 - 07 September 2018, The 1O1 ...