Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Perbankan & Koperasi / Credit and Collection / Teknik Penagihan dan Penanganan Piutang

Teknik Penagihan dan Penanganan Piutang


OVERVIEW

Sebagai mana kita ketahui bahwa peningkatan profit margin perusahaan disamping ditentukan oleh tercapainya target penjualan, juga dipengaruhi oleh besarnya idle piutang dan idle inventory. Mungkin saja terjadi, perusahaan memperoleh keuntungan namun Cash Flow (Arus Cash) Negatif, karena terjadinya idle di inventory dan utamanya di piutang karena adanya kebijakan dari perusahaan yang melakukan penjualan secara kredit dan pembayaran nya menunggak dan tidak sesuai dengan jangka waktu kredit yang diberikan oleh perusahaan selaku produsen.

Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan credit dan collection, karena apabila tidak dikelola secara profesional akan menimbulkan dampak, perusahaan kekurangan arus kas (Cash Flow)

Oleh karean itu Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa ratio piutang agar selalu dalam posisi tolok ukur ideal yang ditetapkan dan apabila terjadi penyimpangan dari standard yang ditetapkan agar segera dilakukakn penangannan yang profesional

BENEFIT

  • Menahami ratio piutang yang sehat
  • Memahami teknik pengendalian piutang untuk meningkatkan profit perusahaan
  • Memahami teknik pengelolaan dan penanganan piutang yang bermasalah
  • Memahami teknik monitoring, reporting dan penagihan piutang
  • Memahami tipologi customer berdasarkan visual, anditori dan kinestetis
  • Memahami cara melakukan penagihan berdasarkan tipologi customer

MATERI

1. Introduction Management Piutang dan Penagihan

  • Ratio piutang yang sehat
  • Fungsi piutang dalam meningkatkan profit
  • Pengelolaan dan pengendalian piutang
  • Definisi dan tujuan penagihan
  • Alat dan proses penagihan

2. Peran Kolektor Dalam Penagihan

  • Peran dan fungsi kolektor
  • Tipologi customer berdasarkan visual, anditori dan kinestetis
  • Cara melakukan penagihan berdasarkan tipologi customer
  • Role play dan study kasus

3. Perhitungan Target Penagihan (Awal, Berjalan dan Koreksi)

  • Penentuan matrik penagihan (berdasarkan area)
  • Teknik monitoring, reporting piutang dan penagihan
  • Teknik closing harian
  • Kompilkasi study kasus

4. Analisis Effektivitas Penagihan

  • Analisis pencapaian target penagihan
  • Analisis pengelolaan piutang bermasalah
  • Teknik closing harian
  • Kompilasi study kasus

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Teknik Penagihan dan Penanganan Piutang
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Akuntansi Pajak, Rekonsiliasi Fiskal dan Tax Planning

21 - 22 November 2018, New Saphir Hotel, Yogyakarta17 - 19 Juli 2018, The 1O1 ...