Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo

CSR Untuk Pengembangan Masyarakat

19 - 21 Desember 2017, The 1O1 Hotel, Yogyakarta

DESKRIPSI 

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau biasa disebut Corporate Social Responsiblity (CSR), merupakan suatu upaya sungguh-sungguh dari perusahaan untuk meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif operasinya dalam ranah ekonomi, sosial dan lingkungan terhadap seluruh pemangku kepentingannya (stake holder), untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Di Indonesia, UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Pada Pasal 74 ayat 1 disebutkan bahwa PT yang menjalankan usaha di bidang dan atau bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggungjawab sosial dan lingkungan landasan hukum CSR semakin kuat dengan disahkannya Undang-Undang.

Saat ini, CSR tidak hanya sebagai sebuah tuntutan, tetapi juga sebuah kebutuhan bagi perusahaan. Apabila dirancang dan diterapkan dengan benar, CSR akan menjadi investasi sosial jangka panjang yang berguna tidak hanya meningkatkan citra perusahaan di mata publik dan investor, juga sebagai strategi bisnis dan pengendalian resiko sosial (Social Risk Management).

Akan tetapi fakta di lapangan, pemahaman atas tanggung jawab sosial pada umumnya masih sebatas charity, philanthropy dan community development (comdev). Bahkan di banyak perusahaan kebijakan tanggung jawab sosial dibebankan kepada Departemen Humas. Padahal kegiatan CSR adalah suatu keputusan strategis yang menyeluruh. CSR adalah bertanggung jawab atas dampak ekonomis maupun sosial yang ditimbulkan perusahaan atau organisasi kepada para stakeholders internal dan eksternal, beserta lingkungan tempat perusahaan atau organisasi tersebut berada.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta mengerti dan memahami pentingnya program Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai amanat UU No.40/2007 dan Mampu merancang dan melaksanakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang baik dan efektif.

TUJUAN

  1. Peserta pelatihan mampu meningkatkan pemahaman seputar CSR serta ukuran keberhasilan serta berbagai metode perencanaan program
  2. Peserta pelatihan mampu meningkatkan keterampilan dalam perencanaan/desain program termasuk dalam mengidentifikasi isu/masalah beserta kebutuhan implementasi program
  3. Peserta pelatihan mampu memahami metode perencanaan program CSR beserta persiapan sosial dalam kerangka implementasi program
  4. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan perencanaan yang sudah dibuat dalam perusahaan

MATERI

1. Orientasi CSR Konteks Kekinian

2. CSR Sebagai Konsep Strategis

3. Analisa Kebutuhan dan Pemetaan Kondisi Masyarakat untuk Program CSR

4. Pemberdayaan Komunitas/Masyarakat (Community Development)

5. Strategi Penyusunan Program CSR dan Penulisan Laporan CSR

6. Bentuk-bentuk Program CSR

  • Bidang sosial
  • Bidang ekonomi
  • Bidang lingkungan

7. Tahapan Pelaksanaan Program CSR

  • Perencanaan : Design program efektif dan optimal
  • Mekanisme pemantauan, indikator keberhasilan dan log frame dalam merancang program CSR yang berkelanjutan
  • Implementasi
  • Evaluasi
  • Pelaporan

8. Strategi Pelaksanaan

  • Menentukan target khalayak
  • Bekerjasama dengan media
  • Event management

9. Antisipasi dan Solusi Hambatan Pelaksanaan Program CSR

  • Diskusi kasus dan pembahasan
  • Action plan program CSR : penerapan program CSR bagi tiap-tiap perusahaan

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : CSR Untuk Pengembangan Masyarakat
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Employee Engagement dan Peningkatan Kinerja

19 - 21 Desember 2017, Jogjakarta Plaza Hotel, YogyakartaDESCRIPTION Karyawan adalah aset yang paling berharga ...