Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / November 2017 / Public Relation

Public Relation


DESCRIPTION

Sebagai salah satu akibat dari kemajuan tehnologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (Humas) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan tehnik-tehnik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut.

Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian, – apalagi dukungan -, dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah menberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.

Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran lain terhadap ‘diri kita’.

Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.

TUJUAN

Agar memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, untuk mendapatkan pengertian dan dukungan, disertai dengan kemampuan untuk mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepentingan masyarakat.

PROGRAM OUTLINE

1. Peranan Public Relations dalam operasi perusahaan

  • Fungsi dan peranan PR
  • Manfaat Public Relations
  • Kedudukan PR dalam organisasi

2. Psikologi Public relations

  • Dua faktor karakteristik masyarakat sasaran
  • Psikolosi pesan dan strukturnya
  • Sistem komunikasi antar individu (interpersonal communications)

3. Manajemen dan kode etik Public Relations

  • Menyadari sasaran umum PR
  • Tahap-tahap yang dibutuhkan
  • Kode etik IPRA
  • Kode etik Perilaku berdasarkan sidang IPRA

4. Perencanaan Kerja PR

  • Proses kegiatan PR
  • Langlah-langkah kegiatan
  • Hambatan-hambatan

5. Management Crisis

  • Apa itu krisis
  • Katagori krisis dan bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi
  • Penanggulangan Krisis
  • Pra, Masa dan setelah Krisis

6. Corporate Image Identity

  • Membentuk opini publik
  • Hal membentuk citra perusahaan/lembaga/institusi
  • Sifat dari opini publik

7. Protokoler

  • Pengertian Protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR
  • Pemahaman tentang tatatertib dan etiket keprotokoleran
  • Ruang lingkup tugas kegiatan protokol
  • Tata krama Pergaulan Bisnis, dasar pelaksanaan protokol
  • Persiapan-persiapan fisik

8. Public Speaking and Master of Ceremony

  • Thema acara : keperluan petugas Master of Ceremony
  • Master of Ceremony dalam upacara
  • Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan
  • Bahasa Protokoler-Resmi dan Bahasa Komunikatif Table Manner

9. Media Relations, Press Release dan Pidato

  • Pengertian dan kegiatan
  • Menulis Press Release
  • Jenis-jenis pidato
  • Pidato, format dasar-general model dan model rinci

10. Press Conference – Tindak Lanjut Media Relations

  • Mengapa Press Conference
  • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
  • Aktifitas yang terjadi

11. PR dan Marketing Service

  • Prinsip-prinsip dasar
  • Faktor-faktor utama
  • Pengembangan strategi komunikasi pemasaran
  • Model-model strategi komunikasi pemasaran

12. Perilaku Konsumen (Customer Behavior)

  • Menentukan target audience
  • Karakteristik konsumen
  • Beberapa elemen dasar dari proses conditioning

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick up participants (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Public Relation
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Effective Leadership

27 - 29 November 2018, Grand Tjokro Hotel, Bandung25 - 27 September 2018, The 1O1 ...