Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Bandung / Sistem Pengelolaan Arsip Perbankan

Sistem Pengelolaan Arsip Perbankan


DESCRIPTION

Pengelolaan arsip yang andal adalah pengelolaan arsip yang dilaksanakan berdasarkan sistem yang mampu menampung dan merespons kebutuhan perkembangan zaman. Sistem pengelolaan arsip yang andal memiliki kemampuan menjaring atau menangkap (capture) semua arsip dari seluruh kegiatan yang dihasilkan organisasi, menata arsip dengan cara yang mencerminkan proses kegiatan organisasi, melindungi arsip dari pengubahan, pengurangan, penambahan, atau penyusutan oleh pihak yang tidak berwenang, menjadi sumber utama informasi secara rutin mengenai kegiatan yang terekam dalam arsip, dan menyediakan akses terhadap semua arsip berikut beserta metadatanya.

Dalam perbankan harus ada sistem pengarsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan terlebih perbankan yang mempunyai banyak kegiatan. Mereka harus secara tertib melakukan pengarsipan sebagai upaya pengelolaan data untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang RI No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

Fungsi sistem kearsipan adalah mengidentifikasi keberadaan arsip yang memiliki keterkaitan informasi di semua organisasi kearsipan, menghubungkan keterkaitan arsip sebagai satu keutuhan informasi, dan menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh, dan terpercaya.

LPPI sebagai sebuah lembaga pendidikan dan pengembangan perbankan mengaplikasikan UU ini dalam bentuk pembenahan dan membangun sistem informasi manajemen kearsipan yang baru baik manual maupun elektronik. Kemajuan teknologi telah memungkinkan catatan dan dokumen yang dibuat di atas kertas dialihkan ke dalam media elektronik atau dibuat secara langsung dalam media elektronik. Hal ini merupakan tindak lanjut program pembenahan organisasi dimana ada keinginan LPPI memiliki manajemen arsip yang baik agar penyimpanan, pengelolaan, pencarian arsip lebih mudah, dan efisien.

OUTLINE COURSE

  1. Sistem Pengelolaan Arsip untuk perbankan
  2. Perencanaan dan pengendalian Sistem Pengelolaan dalam arsip
  3. Kendala dalam Sistem Pengelolaan Arsip
  4. Manajemen arsip dinamis, masalah dalam pengarsipan
  5. Upaya yang dilakukan dalam Sistem Pengelolaan Arsip
  6. Manajemen dokumen pengarsipan perbankan
  7. Sistem pemberkasan dalam perbankan
  8. Sarana pemberkasan: hardware, software, pemeliharaan arsip
  9. Penggunaan teknologi sebagai alih media arsip dari hardcopy menjadi softcopy
  10. Penemuan kembali
  11. Penyusutan arsip

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Sistem Pengelolaan Arsip Perbankan
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Training Needs Analysis (TNA)

28 - 30 Agustus 2018, The 1O1 Hotel, Yogyakarta07 - 09 Mei 2018, The 1O1 ...