Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Juli 2017 / Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit

Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit


DESCRIPTION

Dalam bidang perumah sakitan pasti tidak asing lagi dengan istilah “Linen”. Dalam Kamus Bahasa Indonesia, linen diartikan sebagai kain putih, jadi hospital linen berarti kain putih yang digunakan di Rumah Sakit. Linen termasuk alat kesehatan non medis yang vital, karena digunakan oleh seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit. Oleh karena itu pengelolaannya harus betul-betul dilaksanakan dengan baik.

Rumah Sakit biasanya mempunyai laundry yang bertanggung jawab terhadap pencucian linen, baik linen perkantoran maupun linen yang digunakan oleh karyawan dan pasien.

Secara umum tugas dari laundry di Rumah Sakit adalah :

  • Menerima alat tenun dari semua Unit pelayanan di Rumah Sakit
  • Mencuci hamakan alat tenun yang telah tercemar kuman
  • Menyimpan persediaan semua unit pelaksana
  • Menjahit, menambal atau merombak alat tenun yang rusak
  • Membagikan alat tenun kesemua unit pelayanan
  • Merencanakan jumlah pembelian alat tenun pada tahap berikutnya
  • Menentukan standar jumlah alat tenun untuk seluruh unit pelayanan yang ada di Rumah Sakit, sehingga pelayanan tidak terganggu
  • Menjaga standar dan kualitas hasil dari persiapan, pemrosesan samapai pendistribusiannya.

Dengan melihat tugas-tugas laundry tersebut diatas, maka perlu dipersiapkan personal-personal yang mampu dan mau mengerjakan tugasnya.

OBJECTIVES

  1. Mengetahui material yang cocok untuk linen rumah sakit
  2. Mengetahui teknik penanganan linen kotor (infeksius dan non infeksius)
  3. Mengetahui teknik pemaparan infeksius
  4. Mengetahui limbah cair yang dihasilkan dari perawatan linen
  5. Mengetahui pemaparan penyakit yang disebabkan oleh serangga
  6. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap manajemen pengelolahan linen dan laundry rumah sakit.
  7. Diharapkan peserta mampu mendesain, mengimplementasikan, serta mengendalikan kenyamanan ruang di rumah sakit melalui kebersihan dan sistem hygiene tepat guna.
  8. Peserta mampu melakukan pengolahan dan pengendalian sistem pengolahan limbah rumah sakit agar tetap terjaga suasana aman, nyaman dan bersih
  9. Dengan terpenuhinya kebutuhan pengetahuan terhadap manajemen linen dan laundry ini, merupakan bentuk kepatuhan rumah sakit terhadap peraturan dan perundang-undangan pemerintah yang berlaku

COURSE CONTENT

  1. Undang-Undang tentang air limbah sesuai dengan peraturan Kementrian Lingkungan Hidup dan DepKes RI.
  2. Pengantar manajemen linen dan laundry rumah sakit
  3. Perencanaan kebutuhan linen dan bahan pencuciannya untuk pelayanan pasien dan  keperluan pakaian petugas sesuai dengan tugas dan fungsinya
  4. Sistem Instalasi pengolahan air limbah
  5. Infeksi Nosokomial
  6. Aplikasi manajemen linen dan laundry rumah sakit : estimasi perhitungan kebutuhan linen sesuai dengan aktual kebutuhan rumah sakit, pemilihan karakter dan type bahan baku, perawatan dan pengelolahan (Teknik Proses Pencucian, Storage) dan distribusi
  7. Perbaikan linen yang rusak
  8. Pemeliharaan peralatan laundry
  9. Pengawasan kegiatan di unit linen dan laundry
  10. Pelaporan kegiatan dan stok opname

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

1x Lunch

2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Khusus Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Modern Office Administration and Filing System

28 - 30 Agustus 2018, Ibis Style Hotel, YogyakartaOBJECTIVE Memahami fungsi dan peran kantor dalam ...