Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Perbankan & Koperasi / Credit and Collection / Analisa Kredit Strategis (Eksposure Kredit Tinggi, Tingkat NPL Rendah)

Analisa Kredit Strategis (Eksposure Kredit Tinggi, Tingkat NPL Rendah)


DESKRIPSI

Indonesia saat ini sudah memiliki Undang-Undang (UU) Pencegahan dan Penanggulangan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK). Dengan adanya UU PPKSK ini lembaga keuangan, khususnya perbankan harus lebih berhati-hati dalam mengelola bisnis, khususnya penyaluran kredit. Kecenderungan sekarang ini tingkat NPL (Non Performance Loan) bank-bank meningkat. Banyak hal penyebabnya, antara lain adalah kondisi pelemahan ekonomi global yang berimbas pada perekonomian Indonesia (faktor eskternal), dan kemampuan mengakusisi calon debitur dengan cara yang tepat (faktor internal). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi pertumbuhan kredit pada tahun 2016 sebesar 14,1% atau naik dari tahun 2015 yang mencapai 10-12%. Sementara itu, Bank Indonesia (BI) tetap mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate pada April 2016 di level 6,75% dari bulan sebelumnya. Kondisi ini diprediksi akan turut pula menurunkan suku bunga kredit perbankan. Namun, perbankan juga masih dihantui tingginya tingkat kredit macet.

MANFAAT

  1. Memahami peran, tugas dan fungsi credit analysis
  2. Memahami aspek utama dalam credit analysis
  3. Memahami teknik dalam menganalisa laporan keuangan
  4. Menguasai teknik dalam menilai Karakter
  5. Tehnik menganalisa rekening dan Estimasi Laba Rugi
  6. Teknik Praktis dalam Melakukan Interview, Kunjungan, Meminta Referensi dan Bisnis Checking
  7. Menguasai teknik dan strategi dalam memonitor dan mengevaluasi credit yang sedang berjalan
  8. Menguasai strategi dalam mengatasi kredit yang bermasalah

MATERI

1. Fundamentals of Credit Risk Management

  • Profitability Vs. Risk
  • Hubungan Baik, Kelangsungan Bisnis dan Risiko Kredit
  • Faktor Utama Penyebab Kredit Macet Analisa Rekening dan Estimasi Laba Rugi
  • Matriks Analisa Kredit
  • Piranti Analisa Kredit : Analisa Laporan Keuangan, Analisa Rekening, Estimasi Laba Rugi, Kunjungan, Referensi Dan Checking

2. Five’s of Credit Analysis

3. Analisa Rekening dan Estimasi Laba Rugi

  • Memahami Karakter Bisnis dan Pola Transaksi Rekening
  • Mendeteksi Rekayasa Rekening (Fisik dan Transaksi)
  • Teknik Menganalisa Kemampuan Membayar dari Rekening
  • Mengestimasi Laba Rugi

4. Financial Statement Analysis

  • Memahami Bentuk dan Karakteristik Laporan Keuangan
  • Teknik Cepat Mendeteksi Permasalahan dari Laporan Keuangan
  • Analisa Rasio dan Cash Flow
  • Menentukan Kemampuan Membayar
  • Memahami Permasalahan Financial di masa yang akan datang

5. Qualitative Analysis

  • Analisa Karakter dan Kemauan Membayar
  • Teknik Interview, Referensi, Kunjungan dan Bisnis Checking
  • Teknik Analisa Bisnis
  • Management
  • Operating, Capital and Corporate Finance Strategies
  • Competitive Advantages & Cost Position
  • Product/Service
  • Customer/Supplier Concentration
  • Analisa Faktor Eksternal
  • Teknik Praktis Analisa Kualitatif (Check List Pertanyaan)

6. Monitoring Credit

  • Teknik Mendeteksi Lebih Dini Permasalahan Kredit (Warning Signals)
  • Faktor-faktor Utama yang Harus Diperhatikan
  • Financial distress

7. Manajemen Resiko Kredit Macet

  • Analisa Kredit Macet dan Penyelesaiannya
  • Aspek Legal Yang Harus Diperhatikan
  • Case Study : Analisa Laporan Keuangan, Analisa Rekening, Estimasi Laba Rugi dan Analisa Kualitatif

PESERTA

Peserta yang diharapkan mengikuti training ini adalah Staf dan Manajer dari Unit Kerja Perkreditan, Risk Management, Penyehatan Kredit/Restructuring, Credit Operation, baik Staf maupun Manajer serta pihak-pihak lain yang berkepentingan. 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

1x Lunch

2x Coffee Break

Souvenir

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Analisa Kredit Strategis (Eksposure Kredit Tinggi, Tingkat NPL Rendah)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Pengadaan Barang dan Jasa

13 - 15 Maret 2018, The 1O1 Hotel, YogyakartaDESKRIPSI Masalah procurement management merupakan masalah yang ...