Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Juli 2017 / Manajemen Purchasing dan Procurement

Manajemen Purchasing dan Procurement


DESKRIPSI

Fungsi purchasing tidak dapat dilepaskan dari fungsi pergudangan dan manajemen informasi. Pada saat ini, fungsi manajemen pembelian dan pergudangan merupakan inti dari supply chain management yang mutlak penting bagi keberlangsungan organisasi. Fokus telah bergeser, bukan sekedar mengefisienkan pembelian dan menjaga keberlangsungan stok saja tetapi juga “managing supply base”.

Karenanya, pelatihan ini akan memberikan dasar terbaik bagi mereka yang berkecimpung dibidang supply chain, pembelian dan pergudangan secara integratif.  Pengelolaan fungsi pembelian merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam rangkaian proses produksi yang dilakukan sebuah perusahaan. Untuk itu, diperlukan keterampilan dan sistem pembelian yang baik. Disamping itu juga, pemahaman SDM terhadap Hukum pengadaan dan kontrak sangat dibutuhkan mengingat dalam suatu pengadaan barang/jasa surat perjanjian kontrak pasti dibutuhkan untuk melegalkan transaksi yg dilakukan

Training ini akan membahas unsur-unsur manajemen pembelian agar perusahaan dapat memperoleh material yang tepat, mutu yang sesuai dengan harga yang wajar serta membahas tentang aspek hukum dari pengadaan dan kontrak yg dilakukan. 

MATERI

1. Aspek Strategis Manajemen Pembelian & Pengadaan

  • Sudut pandang SCM: Operasional vs Strategis
  • Strategi pembelian & pengadaan dan pengaruhnya: Direct vs Indirect
  • Aspek Efisiensi, customer satisfaction, organizational risk & image

2. Manajemen Pembelian & Pengadaan sesuai Kondisi & Tipe Bisnis Perusahaan

  • Beragam kondisi dan tipe bisnis perusahaan serta manajemen pembelian yang tepat.
  • Bagaimana menghadapi tantangan yang ada: cost saving, effectiveness, speed, supply chain management.
  • Bagaimana struktur organisasi yang tepat

3. Manajemen Persediaan: Peramalan, Investasi & Pengelolaannya.

  • Bagaimana melakukan forecast
  • Bagaimana mengurangi investasi pada inventori
  • Bagaimana memperbaiki manajemen inventori

4. Proses Seleksi, Negosiasi & Pembinaan Supplier

  • Bagaimana menetapkan kriteria seleksi
  • Bagaimana mengevaluasi calon pemasok
  • Bagaimana mengembangkan calon pemasok setelah menjadi pemasok
  • Tehnik negosiasi pembelian dan pengadaan yang efektif.

5. Kebijakan Umum, Pengawasan dan Aspek Hukum Pengadaan

6. Perencanaan dan Persiapan Pengadaan

7. Pengendalian dan Pelaksanaan Kontrak

  • Penyusunan Kontrak Barang/Jasa Pemborong/Jasa Lainnya
  • Penyusunan Kontrak Jasa konsultasi
  • Aspek Hukum Kontrak

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch

2x Coffee Break

Souvenir

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Manajemen Purchasing dan Procurement
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Manajemen Akuntansi dan Budgeting

27 - 29 September 2018, The 1O1 Hotel, Yogyakarta17 - 19 September 2018, The 1O1 ...