Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / April 2017 / Excellent Supervisory

Excellent Supervisory


DESKRIPSI

Posisi supervisor (penyelia atau pengawas) menempati peran yang sangat penting  di dalam suatu perusahaan. Di satu sisi, supervisor merupakan wakil manajemen yang terdekat dengan karyawan. Oleh karenanya, ia memiliki fungsi yang vital karena harus mampu menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam program-program kerja serta mampu menggerakkan karyawan untuk mencapai sasaran perusahaan. Di sisi lain, supervisor mengemban amanah untuk mampu menyerap dan mengkomunikasikan aspirasi karyawan sebagai masukan bagi perusahaan untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusif bagi terpeliharanya produktivitas yang maksimal dan kinerja yang optimal. Jabatan supervisor juga merupakan jabatan kritis bagi karir seseorang karena keberhasilannya menjadi supervisor akan menentukan karirnya di kemudian hari. Oleh karena itu, seorang supervisor perlu memiliki serangkaian pengetahuan dan keahlian tertentu agar mampu menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. Pelatihan ini merupakan peta penunjuk jalan menuju supervisor yang excellent di suatu perusahaan

MATERI

1. Peran dan fungsi supervisor dalam manajemen perusahaan

Materi ini membahas tentang pentingnya manajemen dalam suatu perusahaan, fungsi-fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, dan controlling), level manajemen dan manajerial, peran dan fungsi supervisor dalam hubungannya dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja; serta kompetensi yang harus dimiliki supervisor agar dapat melaksanakan perannya dengan baik.

2. Proses perencanaan,  pengorganisasian,  pelaksanaan, dan pengendalian yang efektif

Materi ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses perencanaan (outcome setting, penetapan key performance indicator, serta internal dan eksternal analysis dalam menyusun program kerja), pengorganisasian (struktur organisasi, span of control, dan job analysis), pelaksanaan, dan pengendalian (monitoring dan evaluasi); penyusunan proposal program kerja, penyusunan Standar Operating Procedure, dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program kerja.

3. Mengatur diri dan manajemen waktu

Materi ini membahas tentang pentingnya pengelolaan waktu yang efektif bagi seorang supervisor, teknik-teknik pengelolaan waktu yang efektif, pengaturan diri agar mampu mengelola waktu secara efektif, pengelolaan rapat yang efektif, serta teknik pengelolaan stress yang baik.

4. Seni berkomunikasi secara efektif baik secara persuasif maupun asertif

Materi ini membahas tentang pengertian komunikasi yang efektif, pentingnya supervisor memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, teknik-teknik komunikasi yang efektif, tips agar mampu menjadi pendengar yang baik, pengertian dan teknik komunikasi persuasif, pengertian dan teknik komunikasi asertif, serta teknik presentasi yang efektif.

5. Kepemimpinan, teknik mempengaruhi, dan memberikan perintah yang efektif

Materi ini membahas tentang pengertian kepemimpinan, ukuran efektivitas kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan yang efektif untuk situasi tertentu, serta jenis-jenis pengaruh yang bisa diterapkan oleh seorang pemimpin untuk membangun komitmen dan loyalitas karyawan.

6. Teknik memotivasi : membuat karyawan bergerak dan mendapatkan hasil

Materi ini membahas tentang pengertian motivasi, faktor-faktor yang bisa mempengaruhi motivasi karyawan, serta teknik-teknik memotivasi yang efektif guna mendapatkan kinerja karyawan yang unggul.

7. Menjaga perdamaian : menyelesaikan konflik dan menangani masalah

Materi ini membahas tentang pengertian konflik, faktor-faktor penyebab konflik, teknik penyelesaian konflik, identifikasi masalah, serta langkah-langkah dalam memecahkan masalah (termasuk penggunaan problem solving tools).

8. Meningkatkan kemampuan karyawan : empowering (pemberdayaan), coaching (bimbingan), and counceling (konsultasi)

Materi ini membahas tentang pengembangan karyawan melalui pendelegasian yang efektif, training, dan replacement (rotasi atau promosi), sistem umpan balik atau feedback yang efektif, penilaian kinerja yang baik,  serta teknik menangani karyawan yang sulit.

9. Menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal

Materi ini membahas tentang jenis pelanggan perusahaan, pentingnya supervisor memiliki sikap “customer oriented”, hal-hal yang harus dilakukan guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, serta cara mengukur kepuasan pelanggan.

MANFAAT

  • Mengerti dan menyadari fungsi dan peran supervisor dalam hubungan dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja.
  • Memahami teknik merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan rencana-rencana operasionalisasi tugas harian secara efektif dan efisien berdasarkan skala prioritas.
  • Memahami teknik mempengaruhi, mengarahkan, meyakinkan dan memotivasi  karyawan untuk menjalankan fungsi kerjanya, serta memahami prinsip-prinsip masalah supervisi staf secara individual.
  • Memahami cara-cara untuk membangun tim kerja yang solid, menciptakan saling pengertian dan mengembangkan kerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Memahami cara-cara untuk mengembangkan staf sehingga dapat berprestasi lebih baik.
  • Memahami cara-cara untuk menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal yang tinggi dalam melakukan pekerjaan

PESERTA

Supervisor/Head Section/Kepala Regu/Kepala Unit, serta staf di bagian administrasi, kesekretariatan, atau  di lapangan yang akan dipromosikan menduduki jabatan supervisor/head section/kepala regu/kepala unit

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Makan siang

2x coffee breaks

Souvenir

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Excellent Supervisory
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Modern Office Administration and Filing System

28 - 30 Agustus 2018, Ibis Style Hotel, YogyakartaOBJECTIVE Memahami fungsi dan peran kantor dalam ...