Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / April 2017 / Strategi Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit Bermasalah untuk Perbaikan Kualitas Aset Perbankan

Strategi Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit Bermasalah untuk Perbaikan Kualitas Aset Perbankan


DESKRIPSI

Bisnis Perbankan merupakan bisnis yang berisiko terkait fungsi intermediary antara funding dan lending. Risiko Non Performing Loan (NPL) merupakan risiko terbesar yang berdampak langung terhadap performance Bank. Oleh sebab itu bank harus prudent dalam menyalurkan kredit antara lain memiliki kebijakan pemberian kredit yang berorientasi prudential banking.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah Bank harus memiliki kemampuan yang kuat untuk menjaga kualitas asset melalui Strategi Restrukturisasi dan penyalamatan kredit bermasalah. Kebijakan manajemen perkreditan yang hati-hati, kemampuan mitigasi risiko kredit serta peningkatan kompetensi teknis kepada pengelola kredit antara lain merupakan hal-hal yang bisa dilakukan. 

TUJUAN

  1. Mendeteksi secara dini kredit yang berpotensi menjadi bermasalah dan melakukan langkah-langkah awal penanganannya
  2. Menganalisa berbagai aspek (a.l manajemen, legal, teknik dan keuangan) sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan penyelesaian kredit yang telahi kategorikan sebagai kredit bermasalah
  3. Melakukan restrukturisasi kredit dengan pemilihan berbagai alternatif skenario sesuai dengan kompleksitas permasalahannya
  4. Memperkirakan keuntungan/kerugian dalam setiap alternatif penyelesaian yang dipilih

MATERI

1. Konsep Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit

  • Pengertian kredit bermasalah berdasarkan perspektif regulator
  • Pengertian kredit bermasalah berdasarkan perspektif undang-undang
  • Ikhtisar penyelamatan & penyelesaian kredit
  • Pengelolaan debitur

2. Framework Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit

  • Model penyelamatan & penyelesaian kredit
  • Menentukan Metodologi Analisa Penyelamatan
  • Menetapkan Syarat Penyelamatan
  • Menetapkan Pedoman Pemantauan Penyelamatan

3. Ketentuan Umum Penghapusan Piutang/Pinjaman

  • Kebijakan hapus buku pinjaman
  • Prosedur hapus buku pinjaman
  • Wewenang hapus buku pinjaman
  • Pemberian kredit kepada Debitur hapus buku maupun debitur bermasalah yang belum dihapus buku karena dampak bencana alam

4. Skim Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit

  • Jenis-jenis skim penyelamatan & penyelesaian kredit
  • Rescheduling, Reconditioning, Restructuring (R3)
  • Pengelolaan assets
  • Perjanjian Penyelesaian Hutang (PH)
  • Skim Restrukturisasi kredit diluar skim yang telah ditetapkan Bank

5. Ketentuan Umum Dalam Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit

  • Penyelesaian kredit
  • Penjualan & penggantian/pelepasan agunan
  • Hapus Tagih

6. NPL Remedial

  • Pemahaman sistem dan prosedur pemantauan indikasi awal kredit bermasalah dan Pra NPL
  • ldentifikasi metode/skema restrukturisasi kredit bermasalah
  • Strategi penanganan kredit bermasalah dan metode pembayaran restrukturisasi kredit
  • Pemantauan hasil restrukturisasi
  • Evaluasi proses penyelamatan kredit bermasalah

7. Retrukturisasi Kredit

  • Pemahaman sistem dan prosedur restrukturisasi kredit
  • Identifikasi proses kredit dan identifikasi permasalahan :
    • Pengertian kredit bermasalah
    • ldentifikasi faktor-faktor penyebab kredit bermasalah
    • Early warning system
    • Kerangka kerja penanganan kredit bermasalah
    • Landasan hukum restrukturisasi kredit

8. Regulasi Pendukung

  • Restrukturisasi Kredit Bank Pemerintah Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi 77/PUU-IX/2011 tanggal 25 September 2012
  • Dampak dan Optimalisasi terhadap penyelesaian Piutang BUMN
  • Penyelesaian Piutang Macet BUMN/BUMD dalam Rancangan UU tentang Piutang Negara & Piutang Daerah :
    • Piutang BUMN dalam UU No.49 Prp Tahun 1960
    • Piutang BUMN pasca terbitnya UU No.1/2004
    • Piutang BUMN dalam UU APBN
    • Piutang BUMN dalam Rancangan UU Piutang Negara
    • Piutang BUMN dalam Putusan Mahkamah Konstitusi
    • Langkah BUMN/BUMD dalam melakukan pengelolaan Piutang/Kredit Macet

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Strategi Restrukturisasi dan Penyelamatan Kredit Bermasalah untuk Perbaikan Kualitas Aset Perbankan
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Pembuatan Study Kelayakan Pembukaan Jaringan Kantor

03 - 05 Oktober 2018, Grand Tjokro Hotel, Bandung04 - 06 September 2018, Grand Tjokro ...