Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Jakarta / Manajemen Pemeliharaan Mesin

Manajemen Pemeliharaan Mesin


LATAR BELAKANG

Sebagai salah satu kinerja perfomansi suatu perusahaan moderen saat ini adalah cepat tanggapnya sistem pelaksanaan perawatan yang diakibatkan adanya perubahan dan perkembangan fasilitas pabrik yang dirancang sedemikian rupa kompleks dengan sasaran untuk menghasilkan produk dengan kualitas tinggi dan cepat. Pada dasarnya perawatan merupakan kombinasi dari semua tindakan teknik dan tindakan administratif untuk mempertahankan kondisi atau mengembalikan kondisi fungsi komponen.

Kendala-kendala yang selalu ada biasanya berhubungan dengan persyaratan kinerja (performance), waktu penyelesaian, batasan biaya, mutu atau kualitas dan metoda pengerjaan, dan keselamatan kerja. Selain itu, manajemen yang baik menuntut efisiensi, yaitu diharapkan bahwa seorang pelaksana akan melaksanakan dan menyelesaikan suatu proyek sedemikian rupa sehingga jumlah sumber daya yang digunakan dalam pelaksanaan proyek tersebut menjadi minimum.

 

TUJUAN

Membekali peserta tentang wawasan dan pengetahuan manajemen perawatan mesin untuk mendukung keberhasilan sistem produksi.

 

SASARAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  • Memahami dan menjelaskan konsep dan strategi perawatan
  • Menjelaskan perencanaan perawatan
  • Menjelaskan penjadwalan perawatan
  • Menjelaskan perawatan pencegahan
  • Menjelaskan perawatan prediksi
  • Menjelaskan perawatan pro aktif
  • Menjelaskan reliability centered maintenance
  • Menjelaskan konsep total productive maintenance

 

MATERI PELATIHAN

1. Maintenance management Concept

  • Pengertian, tujuan, dan perkembangan perawatan, strategi perawatan, kerusakan dan sumber utama kerusakan, pola kerusakan mesin dan pencegahannya, dampak adanya perawatan, dan fungsi teknologi dalam perawatan.
  • Manajemen (pengertian, unsur, proses, kegiatan manajemen), manajemen proyek (pengertian, tahapan kegiatan, pihak yang terlibat, organsasi proyek, tipe organisasi proyek).

2. Maintenance Planning

  • Pengertian perencanaan dan faktor-faktor penunjang, langkah-langkah penyusunan perencanaan, kebijakan dan prinsip perencanaan perawatan, tahapan perencanaan pekerjaan perawatan, perencanaan tenaga kerja perawatan, dan standar perencanaan perawatan

3. Maintenance Scheduling

  • Pengertian dan tujuan penjadwalan, prinsip dasar penjadwalan, pengelompokkan penjadwalan perawatan, dan dasar penjadwalan pekerjaan perawatan.

4. Preventive Maintenance (PM)

  • Pengertian, dan tujuan preventive maintenance, inspeksi, pelumasan, perencanaan dan penjadwalan, pencatatan dan analisis, penyimpanan suku cadang, prosedur pelaksanaan preventive maintenance.

5. Predictive Maintenance (PdM)

  • Pengertian dan tujuan predictive maintenance, teknik monitoring kondisi mesin, monitoring minyak pelumas, monitoring visual, monitoring kinerja, monitoring getaran mesin, monitoring alignment, monitoring dengan NDT.

6. Pro Active Maintenance

  • Pengertian, tujuan dan pro active maintenance, continuous improvement, root cause failure analysis, life extend

7. Reliability Centered Maintenance (RCM)

  • Tujuan dan prinsip dasar RCM, langkah proses RCM, laju kerusakan dan ukuran kinerja peralatan, laju keterandalan

8. Konsep TPM (Total Productive Maintenance)

  • Basic concept TPM by Kaizen, basic activities of TPM, 8 pillar of TPM, maximizing equipment effectiveness, TPM small and group activity, autonomous maintenance.

 

PESERTA

Para praktisi tingkat operator, tingkat penyelia atau perencana bidang perawatan mesin pada industri rekayasa.

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Flash disc

Handout

Certificate

Lunch, 2 X Coffee Break

Souvenir

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Manajemen Pemeliharaan Mesin
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum

07 - 19 Januari 2019, Ibis Style Hotel, Yogyakarta26 November - 08 Desember 2018, Ibis ...