Instructor by : Miftahol Arifin
INTRODUCTION
Materi pembahasan meliputi pentingnya fungsi pembelian, sistem dan organisasi pembelian, Proses identifikasi dan evaluasi pemasok (supplier), Teknik negosiasi pembelian, Teknik penghematan biaya pembelian, Konsep just in time purchasing: Mengurangi pemborosan waktu dalam proses penerimaan material, WIP dan penyelesaian finished goods
MATERI
1. Aspek Strategis Manajemen Pembelian dan Pengadaan
- Sudut pandang SCM: Operasional vs Strategis
- Strategi pembelian dan pengadaan dan pengaruhnya: Direct vs Indirect
- Aspek Efisiensi, customer satisfaction, organizational risk dan image
2. Manajemen Pembelian dan Pengadaan sesuai Kondisi dan Tipe Bisnis Perusahaan
- Beragam kondisi dan tipe bisnis perusahaan serta manajemen pembelian yang tepat.
- Bagaimana menghadapi tantangan yang ada: cost saving, effectiveness, speed, supply chain management.
- Bagaimana struktur organisasi yang tepat
3. Manajemen Persediaan: Peramalan, Investasi dan Pengelolaannya.
- Bagaimana melakukan forecast
- Bagaimana mengurangi investasi pada inventori
- Bagaimana memperbaiki manajemen inventori
4. Proses Seleksi, Negosiasi dan Pembinaan Supplier
- Bagaimana menetapkan kriteria seleksi
- Bagaimana mengevaluasi calon pemasok
- Bagaimana mengembangkan calon pemasok setelah menjadi pemasok
- Tehnik negosiasi pembelian dan pengadaan yang efektif.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2 X Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant
Form Pre-Registrasi
Data Materi Training | |
Topik Training | : Manajemen Pembelian dan Pengadaan |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |
![]() | |