Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Agustus 2015 / Accounting Management

Accounting Management


Instructor by : Januar Eko Prasetyo 

DISKRIPSI

Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah perusahaan. Dalam aktifitasnya, fungsi keuangan tidak lepas dari kegiatan administrasi yang mencakup pencatatan dan pelaporan keuangan. Karenanya pengelolaannya membutuhkan karyawan yang kompeten dan dapat dipercaya. Pengelolaan fungsi keuangan yang buruk seringkali membuat perusahaan tidak memiliki dana ketika dibutuhkan. Sehingga perusahaan harus mencari pinjaman jangka pendek ke Bank dengan tingkat interest yang tinggi. Ini justru menambah biaya bagi perusahaan. Training ini dimaksudkan untuk membekali karyawan tentang pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standard yang berlaku umum, mengelola proses administasi keluar masuk dana serta perencanan, pengendalian dan pelaporannya.

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan:

  • Peserta dapat memahami prinsip-prinsip dasar akuntansi.
  • Peserta dapat memahami persamaan dasar akuntansi sebagai philosopi dasar untuk membentuk Neraca.
  • Peserta dapat memahami bahwa Laporan Laba / (Rugi) merupakan representasi dari aktivitas perusahaan dalam menjalankan misinya.
  • Peserta dapat memahmi siklus akuntansi dan dapat melakukan proses recording, adjustment sampai dengan meringkas transaksi menjadi Laporan Keuangan.
  • Peserta dapat menggunakan dan menggali informasi penting dari laporan keuangan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
  • Mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan perusahaan atau organisasi sehingga dapat merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan atau organisasi.
  • Memahami arus keuangan perusahaan dan prinsip-prinsip dasar pencatatan transaksi bisnis / keuangan perusahaan.  Pencatatan pencatatan transaksi tersebut harus memenuhi kaidah umum seperti PSAK di Indonesia.
  • Memahami pemrosesan data-data transaksi sehingga menjadi laporan keuangan antara lain neraca rugi laba.
  • Memahami pengaruh keputusan terhadap laporan keuangan perusahaan

COURSE OUTLINE

1. Fungsi Manajemen Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan

  • Pengertian dan fungsi manajemen keuangan dalam perusahaan
  • Pemahaman aliran uang dalam perusahaan
  • Pengertian biaya, sehingga dapat membedakan biaya dan bukan biaya.
  • Pemahaman terhadap Neraca dan pos-pos neraca.
  • Pemahaman terhadap laporan Laba Rugi beserta komponennya.
  • Memahami pembuatan laporan Laba Rugi.
  • Memahami apakah secara operasional perusahaan laba atau rugi.
  • Memahami arti dan tujuan membuat analisis laporan keuangan
  • Memahami dan dapat menggunakan analisis horizontal, vertikal dan analisis rasio.
  • Mengetahui cara menyusun laporan perubahan modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana kas.

2. Manajemen Modal Kerja

  • Memahami dasar-dasar manajemen kas yang meliputi administrasi dan anggaran kas
  • Memahami dasar-dasar manajemen piutang yang meliputi menilai calon debitur, administrasi piutang, analisis umur piutang, hubungan antara umur piutang dengan profitabilitas.
  • Memahami faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memanajemeni persediaan.
  • Mengetahui dasar-dasar perhitungan persediaan optimal dan persediaan pengaman.
  • Memahami arti investasi, arus kas, Nilai Bersih Sekarang, Biaya modal.
  • Memahami teknik menilai investasi dari segi keuangan

3. Perencanaan Laba dan Pengangguran

  • Pemahaman arti titik impas serta cara menghitung nilai titik impas (Break Even Point)
  • Pemahaman terhadap fungsi anggaran dalam perusahaan.
  • Cara menyusun anggaran perusahaan.
  • Teknik pengendalian pelaksanaan anggaran.
  • Teknik penyusunan laporan realisasi anggaran.

PARTICIPANT

Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam program ini antara lain:

  1. Supervisor dan Manajer dari departemen keuangan
  2. Supervisor/ Manajer bagian Legal/hokum
  3. Karyawan dari bagian lain yang tertarik untuk mengikuti program ini

METHOD TRAINING

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Accounting Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Supervisory Leadership

09 - 11 Oktober 2018, New Saphir Hotel, YogyakartaDESKRIPSI Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang ...